Segenap keluarga besar 3satu mengucapkan selamat menempuh hidup baru kepada saudara Ismadi dan Sri Mulyanti serta Supriyono dan Ninik Yuliana. Semoga menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah dan wa Rohmah.
ARTIKEL | WISATAYUK | SMPN 1 KERTOSONO | POJOK KAMPOENG |

Udah seminggu ini DVD ROM laptop kesayanganku tidak bisa membaca DVD bajakan, melainkan hanya bisa membaca DVD yang original, padahal sebelumnya fine2 aja. Lalu kutanyakan kepada temen di sebelahku berharap dapat solusi, katanya sih karena keseringan buat baca DVD bajakan, trus tanya agas eh katanya DVD drive ku produk gagal. Kurang ajar anak satu itu, bikin aku jadi tambah drop. Gak akan tanya lagi sama kamu deh Gas (gerutuku dalam hati).
Hehehe.....ada yang ngambek. Jangan ngambekan deh mbak, ntar cepet keriput loo..

Ya mungkin banyak dari sahabat-sahabat semua yang punya permasalahan seperti mbak di atas. Sebel kan kalau ...DVD Drive gak bisa baca keping CD / DVD bajakan. Padahal film, game atau software kebanyakan versi bajakan, mau beli yang asli ampun deh harganya. Kalau kantong kita tebal sih gak jadi masalah, tapi bagi kantong yang tipis seperti saya???

Apa sih DVD drive/ROM itu???. DVD ROM adalah suatu alat yang berfungsi untuk membaca data dari media CD atau DVD. Dalam kasus di atas, kemungkinan optical DVD ROM tersebut sudah melemah alias udah mulai rabun. Optical disc drive adalah sebuah alat yang tugasnya membaca dan menulis kepingan CD/DVD. Optical ini biasanya bentuknya seperti kaca kecil yang cembung yang dapat mengeluarkan infra merah. Melemahnya optik tersebut bisa dikarenakan DVD ROM terlalu sering digunakan untuk menonton film atau sering digunakan untuk membaca DVD yang sudah banyak goresan (baret-baret). Jika ingin menonton film disarankan untuk mengcopy terlebih dahulu film tersebut ke dalam harddisk, jangan memutar langsung lewat dvd rom karena akan memperpendek umur dvd tersebut. Bayangkan, jika anda menonton film selama 2 jam maka dvd kamu akan beroperasi selama 2 jam juga?. DVD ROM juga memiliki masa putar, sehingga makin lama dia berputar maka usia DVD drive tersebut akan makin berkurang. Atau bisa jadi optiknya kotor. Apalagi jika yang punya jorok, pasti banyak debu yang nempel pada keping CD/DVD tersebut. Kalau kotor sih tinggal dibersihkan dengan CD Cleaner saja.

Emang sih DVD drive laptop tingkat ketajaman optiknya tidak sebagus DVD yang untuk PC desktop. Di banyak merk notebook bahkan sangat manja, tidak bisa membaca CD/DVD bajakan yang umumnya kualitasnya rendah. Jadi kalo kita make DVD laptop untuk burning DVD, sebaiknya pergunakan yang bagus dan tebal.

Kalau masih bergaransi, ya tinggal di bawa balik aja tokonya, dan bilang optiknya kok cepet lemah, biar nanti diganti DVD rommnya, lumayan kan kalau dapat baru lagi.

0 Comments:

Post a Comment